9 Mar 2012

Ruang bawah tanah (BUNKER HIJR KAHFI)

By OKta   Posted at  3/09/2012   No comments

Jika sebuah bangunan bertingkat dua atau tiga mungkin sudah biasa terdengar Tapi bagai mana jika sebuahbangunan  bertingkat dua yang mana lantai satunya berada dibawah tanah  atau disebut "BUNKER".Mungkin dalam pikiran kita semua itu hal yang sangat aneh
dan jarang bangunan-bangunan di Kabupaten Lombok Barat  atau di Provinsi NTB sekarang ini menggunakan metode seperti itu.

Baru-baru ini di pondok pesantren NU Darunnajah Duman yang dipimpin oleh TGKH. Muhammad Anwar, MZ. sudah membangun  sebuah masjid  yang mana dibawah masjd tersebut ada sebuah bangunan bawah tanah (bunker).
Bunker yang  diberi nama "Hijir Kahfi" itu adalah ide  dari Pimpinan Pondok Pesantren NU Darunnajah Duman sendiri, dan nama bunker Hijir Kahfi  terinspirasi dari riwayat Ashabul Kahfi.
Bunker tersebut terdiri dari 4 Lokal yang mana 2 lokal digunakan sebagai ruang kegiatan belajar-mengajar dan dua lokal lagi di pakai untuk ruang praktik siswa.


yang sangat unik dari bunker tersebut adalah semua inventaris mulai dari bangku, meja kursi dan lemari
terbuat dari semen dan batu bata tidak ada yang menggunakan kayu karena sejak awal pembangunan masjid dan bunker ini menggunakan prinsip melindungi hutan di sekitarnya dan ramah lingkungan.
dan dijelaskan lagi oleh Pimpinan Pondok Pesantren Daruunaja Duman bunker tersebut sangat aman dan nyaman karena selain bangunannya yang kokoh kondisi didalam ruangan tersebut sangat sejuk seperti di ruangan  full Ac.
Alhamdulillah Masjid dan ruangan tersebut sudah di resmikan sudah bisa di gunakan untuk kegiatan KBM  SMK Darunnajah, akan tapi sebagian lagi masih dikerjakan yaitu ruangan untuk Praktik Komputer Jaringan dan ruangan Praktik Fisika.

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

This My Village Blogg Enjoy and Join it
© 2013 K M - Lingsar. Octacom Converted by http://dumannis.blogspot.com/
Octacom. Proudly Powered by Blogger.